OBATGeneric

OBATGeneric adalah blog yang berisi informasi obat, artikel kesehatan sekitar ulasan seputar obat dan artikel umum,

Wednesday, 25 January 2017

7 (tujuh) Langkah Untuk Mencegah Prediabetes Menjadi Diabetes.

Prediabetes adalah istilah untuk tahap penanda awal dari penyakit diabetes mellitus tipe 2 ketika level gula darah mulai melebihi batas normal, namun kadar gula dalam darah belum terlalu tinggi untuk dapat dikategorikan sebagai penyakit diabetes mellitus tipe 2. Kondisi prediabetes meliputi (TGT).

Toleransi Glukosa Terganggu dan  (GDPT) Gula Darah Puasa Terganggu.
Periksakan kadar gula darah sewaktu-waktu, tidak harsu menunggu terkena diabetes untuk cek gula darah, hal ini untuk mencegah prediabetes meningkat menjadi diabetes.

Tindakan ini adalah diantara merubah gaya hidup lebih sehat atau perawatan (menjaga), yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan diabetes atau bahkan untuk mencegah diabetes, “kata Gregg Gerety, kepala endokrinologi di Rumah Sakit Santo Petrus di Albany, N.Y. (kutipan dari website webmd).
Berikut 7 (tujuh) langkah tindakan yang bias dilakukan dalam kebiasaan sehari-hari:

1. Lebih Aktif.
Menjadi lebih aktif adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membuat diabetes kurang mungkin.

Dengan banyak aktivitas (gerakan aktif) dalam rutinitas akan membantu, atau jika anda tidak suka olahraga berat cukup lari ditempat atau melakukan gerakan kecil juga bias dilakukan.

"Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari rencana pencegahan atau perawatan untuk pradiabetes, karena dapat  menurunkan kadar glukosa darah dan mengurangi lemak dlam tubuh. Idealnya, Anda harus berolahraga minimal 30 menit sehari, lima hari seminggu.

2. Turunkan Berat Badan Anda.
Jika Anda kelebihan berat badan, Anda mungkin tidak perlu berfikir seberapa banyak menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang memiliki pradiabetes dan turun berat badan 5% sampai 7% dari berat badan mereka (hanya 10-14 pound pada seseorang yang bobot 200 pon) mengurangi peluang mereka terkena diabetes sebesar 58%.

3. Lebih Sering Konsultasi dan Periksakan ke  Dokter.
Chek Up ke  dokter setiap tiga sampai enam bulan sekali.
Jika Anda melakukan dengan baik, Anda bisa mendapatkan hasil positif dari dokter Anda. Jika itu tidak membaik atau memberi perubahan, dokter Anda bisa membantu untuk mengarahkan cara lain.

4. Makan Makanan Yang Baik dan Sehat.
Perbanyak makan sayuran, terutama jenis yang kurang mengandung zat tepung seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang hijau. Bertujuan untuk setidaknya tiga porsi sehari.

Tambahkan lebih banyak makanan tinggi serat ke dalam makanan hari Anda.
Menikmati buah-buahan di moderasi - 1 sampai 3 porsi per hari.
Pilih makanan gandum bukannya biji-bijian olahan - misalnya, beras merah bukan beras putih.

Juga, menukar makanan berkalori tinggi. "Minum susu skim ketimbang susu, diet soda bukan soda biasa," kata Geil. "Pilih versi yang lebih rendah-lemak keju, yogurt, dan salad dressing."

Alih-alih ngemil pada lemak tinggi, chip tinggi kalori dan makanan penutup, pilih buah segar, atau seluruh kerupuk gandum dengan selai kacang atau keju rendah lemak, Geil kata.

5. Istirahat Yang Cukup.
Tidak cukup tidur secara teratur membuat penurunan berat badan lebih sulit, kata Theresa Garnero, kata seorang penulis buku tentang Diabetes.

Kekurangan tidur juga membuat lebih sulit bagi tubuh Anda untuk menggunakan insulin secara efektif dan dapat membuat diabetes tipe 2 lebih mungkin.

Mengatur kebiasaan tidur yang baik. Mulai tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Bersantai sebelum Anda mematikan lampu. Jangan menonton TV atau menggunakan komputer atau smartphone ketika Anda mencoba untuk tertidur. Hindari kafein setelah makan siang jika Anda memiliki kesulitan tidur.

6. Dapatkan Dukungan Diet dari Orang Sekitar Anda.

Menurunkan berat badan, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur lebih mudah jika Anda memiliki orang-orang yang mendukung Anda melakukan semua itu, kata Ronald T. Ackermann, MD, MPH, seorang profesor kedokteran di Indiana University School of Obat.

Pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok mana Anda dapat membangun gaya hidup sehat di komunitas atau kumpulan orang lain yang memiliki tujuan yang sama.

Edukasi tentang diabetes yang terpercaya juga dapat membantu Anda belajar tentang apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah prediabetes Anda dari menjadi diabetes.

7. Lakukan dan Punya Komitmen.
Membentuk pola piker yang baik, punya komitmen untuk tetap sehat dengan melakukan usaha yang dilakukan.

Siap  bahwa Anda tidak akan melakukan hal-hal yang memicu terjadinya prediabetes menjadi diabetes, tapi berjanji untuk melakukan yang terbaik Anda sebagian besar waktu.

"Membuat pilihan untuk konsisten dengan kegiatan sehari-hari untuk kepentingan kesehatan Anda," kata Garnero. "Katakan pada diri sendiri, 'Aku akan memberikan yang terbaik. Aku akan membuat perubahan kecil dari waktu ke waktu.

Demikian sedikit kiat sukses untuk tetap sehat dengan melakukan  7 (tujuh) Langkah Untuk Mencegah Prediabetes Menjadi Diabetes. Semuanya tergantung pada diri Anda apakah usaha itu berhasil atau tidak. Informasi ini mungkin tidak 100% terbaik, Anda bias mencari informasi yang lebih tepat di situs lain atau konsultasikan kepada dokter Anda langsung.

7 (tujuh) Langkah Untuk Mencegah Prediabetes Menjadi Diabetes.

0 Komentar 7 (tujuh) Langkah Untuk Mencegah Prediabetes Menjadi Diabetes.

Post a Comment

Back To Top